Tuesday, September 16, 2014

1 tahun demisioner

Senin,16 September 2013
Semua bangun jam 2 pagi. Mandi, bahkan ada yang ga mandi. Makan, kayanya ada juga yang engga makan. Jersey merah Sthira, celana olahraga 81, jas, talkom dan slayer. Itu yang gua pake buat hari ini. Disaat yang lain fix banget pake slayer dengan model pasaran, dipake di leher dan that's it, alih-alih pengen kreatif dan be different, gua malah rempong gak jelas slayer mau ditaro dimana. Dan akhirnya, di leher. Aziz-Joke pamer 'merah-merah' mereka. 
Jam setengah 4 kalo gasalah, baru nyampe di depan pintu komplek rumah Shifa. Udah di bbm-in sama Nadia. Jam 4 sampe di lubang buaya, gataunya telat. Yaudah toh ga dapet info juga dari panitianya. Lanjut, shalat subuh, sarapan, trus baris terakhir. Hmmm. Ga semulus yang gua liat tahun lalu pas gua di kanan sebelah Ale (re: Alya). Masih harus fight buat spot di kanan ternyata. And, we won. Last battle.

Oke kita lari. Rute yang sama kaya tahun lalu. Cuma beda posisi, beda bajunya. Lari dengan semangat 45 (halah...), semangat terakhir. Lari ini gua jalanin dengan bosan. Bosan sebosan-bosannya. Karna gak boleh 'nyalip' depan kali ya, gatau juga. Semangat iya, bosan iya. Tiba-tiba udah sampe di sebelah HKBP Jatiwaringin. Udah deket sekolah. Lari ayam terakhir sambil teriakin 'Prasthaziva Sthiradaksa' buat yang terakhir. Sekenceng-kencengnya ampe pita suara mau copot kek boam. Ampe suara abis kaya TO, itu harapan gua. Tapi, i can't.

Ngikutin upcaranya itu loh mager banget. Berdiri, capek emosional dan fisik. Gak kuat. Adanya buyar. Ngarepnya, kapan ini ngomong-ngomong selesai dan gua bisa cabut nametag. Gua cuma konsen kapan Edo ambil alih aba2, bubar jalan dan kita sudahi saja kelelahan ini. Sesegera mungkin. Segera. While waiting,  turunlah air mata. Pertamanya sesenggukan doang, lama-lama nangis, mewek. Gua ga tau nangis kenapa, sedih mungkin, capek mungkin. Sampe Om bilang, "Perhatian Sthira, aba-aba saya ambil alih. Tanpa penghormatan, bubar jalan!". Reflek, langsung nanggep, bubar jalan, and said: "Sthira!!"


This is the end, hold your breath and count to ten
Syfall - Adele

Akhirnya dateng juga. Tujuan akhir. The final destination. When we start, we'll gonna end this.  Sambil ke barisan aja gua nangis. Lebay bet jadi orang. Gua bahkan harus ditenangin sama Hari dulu sebelum seri terakhir. Payah lu gor. Hafth. 

Oke seri terakhir. Semua berusaha semaksimal mungkin biar gak malu-maluin di seri terakhir ini. Yang gua sadar sih, 3 seri pertama oke, ga beban, sampe mau seri ke-4, udah nangis doang kerjaan gua. Badan turun, kaki turun. Gua merasa lemah, gak berdaya. Tenaga gua beralih dari tangan ke emosi. Emosi gua muncak banget pas seri terakhir sampe gua ga bisa seri terakhir kali. Seri terakhir Sthira, seri terakhir Poseidon. Gua cuma denger Shinta bilang: "Gor, ayo seri terakhir ini! Ayo bangun!" Gua berusaha buat bangun, sekali turun, ga naik lagi. Cuma bisa nangis dan nangis. Toh apadaya, semua tenaga pindah dari ATP jadi energi emosi. 

Abis seri, tiup peluit terakhir. Tiup sekenceng-kencengnya. Mau pengang bodo amat. Terakhir kali. Semua sedih. Ga semua nangis. Ada yang seneng dan ada yang sedih. Pas buka jas, ya udah. It's done. It's all done. We made it. We start and finish strong. Selesai sudah. Selesai. 

Tapi, gua nulis ini bukan untuk celebrate how we finish strong atau cuma sebagai reminder kalau 16 September 2013 khususnya tanggal kita demis. Tapi apa yang udah kita capai 1 tahun setelah kita demis? Any dreams come true, maybe? Gua bangga jadi bagian tim yang elit (iya gak sih?), tangguh, kadang ga tau diri, kadang menghayal, kadang pecah tiba-tiba. Gua bangga kita ketemu 23 April 2012. Hahaha. Kalo kita gak dipertemukan, akankah ini kejadian sekarang?

But what can i say? Selain bangga, gua juga ngucapin sukses ya kalian teman, sahabat, saudara-saudara ku yang kekasih di kampus masing-masing. Selamat menggapai mimpi. Gua bangga sama kalian, tapi mau minta maaf juga nih ga bisa melengkapi kebahagiaan kalian sekarang. Gua juga ada beberapa pesan buat masing-masing kalian.

1. Kak Mesin UI, makasih udah jadi penengah kala kita berkonflik, makasih buat kadang dengerin curhatan gua, omelan dan bawelan gua yang kadang gapenting-penting amat. Makasih udah ngasih kepercayaan ke gua selama setahun. Makasih udah jadi temen ngambis GO selama berlama-lama sampe malem pas mau SIMAK UI.
2. Kak Akun STAN, makasih udah jadi 'pengasuh' maybe selama setahun, makasih banget udah selalu ngoreksi gua, ngebuka baik dan jeleknya gua. Makasih banget udah jadi satu-satunya orang yang selalu, always ngasih nasehat-nasehat bijak, yang ga cuma ngomelin tapi ngasih saran biar kita, gua khususnya bisa jadi pribadi yang lebih baik.
3 dan 4. FMIPA ITB dan ARSI UI, makasih ya kalian berdua udah mempercayakan beberapa tugas sekretaris ke gua. Makasih udah jadi temen seumur hidup di 81 karna 3 tahun bareng terus, makasih saran dan masukannya, kalo ga ada kalian, mungkin gua tetep ngaku-ngaku jadi sekretaris yang, ya bisa dibilang ga berstandar (?), makasih banget jadi temen curhat lu berdua.
5. Kak Akun Unsoed, makasih banget untuk ga percaya sama gua masalah duit. Makasih banget mau jadi alarm buat masalah bayar dan bayar. Gua salut ama lu sanggup ngadepin 1 dari sekian 'katab' di Sthira.
6. Kak Dokter Unsri, walaupun kita kenal cuma bentar, tapi gua bersyukur kenal ama lu. Doain gua nyusul yaa...
7. Kak SI UI, makasih banget jadi temen yang baik, cuma pesen gua jangan sering ilang-ilang ya di UI, UI kan gede, ga kaya 81, kalo ilang langsung ketemu.
8. Kak Matematika UI, makasih banget jadi temen 'gila' bareng, barengan ama 'katab-katab' yang lain. Plis ilangin bala-bala lo ya. Pastiin kegilaan lo ga ilang ya di UI
9. Kak Dokter USU, makasih banget buat yang manggil gua 'Jon'. Satu-satunya seumur gua dipanggil gitu, cuma ama lu doang. Ati-ati di Medan, belajar yang bener ye. Doain aje ya nyusul
11. Kak Teknik Kimia ITS, makasih udah jadi partner yang kontras buat gua, jaga diri di Surabaya ya
12. Kak Akun UI, makasih supervisor gua mungkin, tau jelek baiknya gua dari dekat selama 2 tahun berturut-turut. Makasih ya, ketua kelas yang baik, sukses di area abu-abunya, sukses program-programnya, jadi ketang FE yang bener, jangan malu-maluin. Makasih juga kadang jadi tempat curhat, walaupun kadang ga bersolusi.
13. Kak Komunikasi Unpad, makasih jadi 'katab' yang berwarna di kabinet. Hhahaha semangat di Unpad.
14. Kak Statistika UGM, makasih jadi partner sekretaris. Lu wawasekum, gua wawawasekum. Makasih udah ngisi hari-hari gua dengan 'cenanyangan' lo ya, take care disana, jangan dumel-dumel karna mungkin lo ga akan ketemu anak-anak kaya kita disana. Selalu senyum ya jangan lupa! Jangan macem-macem disono, ntar gak dapet temen, cari kosan yang pw, jangan yang angker-angker.
15. Kak Teknik Bioproses UI, makasih ya kadang tempat curhat juga, sukses di UI, oh iya, jagain kak SI ya biar gak ilang~
16. Kak Desain Produk ITS, semangat ya, makasih udah negbuat hari-hari kita semua bahagia karna ada yang bisa di ceng-in. Semangat ldr-nya, sukses terus di Surabaya, jangan kalah ama tugas-tugas despro ya.
17. Kak Kelautan Unpad, semangat oy! Kalo mau main Dota, pastiin tugas udah selesai dulu ya, inget jaga diri sendiri disana, hemat-hemat, Bandung mahal-mahal.
18. Kak Teknik Industri UI, makasih karena jadi 'katab' paling batu sekabinet. Makasih atas pemikiran-pemikiran, konsep-konsep jenius nan gila dari lo. Kalo ga ada lo, gatau deh TO mau jadi kaya apa. Mulai perawatan wajah ya kak~
19. Kak Bisnis Islam UI, makasih buat jadi 'katab' terdekat (apa ini?) kadang ngegila bersama, kadang sepikiran, untung ga sehati. Sukses disana, alih-alih mau buka flying school, CD FSX gua tolong ya dicontact itu dimana sekarang.
20. Kakak yang satu ini, gua ga dapet kabar apa-apa dari lo. Semoga lo sehat-sehat aja ya, ga main dan jadi yang aneh-aneh. Kalo butuh kontak ama gua, lo tau kok harus ngontak kemana
21. Kak Kriminologi UI, semangat ya yang katanya PP tiap hari, sukses terus sukses sukses sukses, jangan pendiem-pendiem amat ya kak, kan udah kuliah nih sekarang, maybe, it's time to speak up more.
22. Kak Mesin ITS, kakak ini duh aduh ya, makasih banget temen ngambis super. Gak mau kalah dan gamau ditinggal. Semangat ya kak, signature lo jangan ilang ya ntar pas ketemu entah kapan. Intinya semangat yaa.
23. Kakak Jerman, last but not least, semangat ouy! Gua gatau lo udah dimana sekarang, Jakarta atau Jerman, tapi makasih banget jadi 'katab' ajib, jadi bear nya Sthira. Sukses dimanapun kau berada ya.

And that's we've reached so far.
Selamat 1 tahun demisioner, keluargaku, teman dan sahabat serta saudaraku, Sthira. 

No comments:

Post a Comment